Selasa, 06 Oktober 2009

SUMATERA UTARA






Dengan luas sekitar 70,000 km2, provinsi sumut membentang mulai dari samudra hindia di barat dan selat malaka di timur , berbatasan aceh di utara serta sumatera barat dan riau di selatan . sumut memiliki penduduk lebih dari 11 juta jiwa . kota medan dan pematangsiantar  adalah dua kota utama di sumut.
    penduduk sumut dapat di bagi beberapa kelompok etnis yaitu suku batak yang terbagi lagi atas lima golongan dan mereka umumnya menetap di sekitar danau toba dan pulau samosir , suku melayu yang kebanyakan menetap di sepanjang pantai selat malaka suku(orang)pesisir yang berda di kawasan sepanjang pantai samudra indonesia , dan sku nias berada di pulau nias . berbagai kelompok etnis ini memiliki bahasa (dialek), kepercayaan kesenian , dan budaya yang berbeda beda.

sejarah
        nenek moyang orang batak di perkirakan orang tailand dan burma yang terusir tanahnya oleh kedatangan orang orang mongolia dan suku siam. dari tailand dan burma nenek moyang orang batak ini bermigrasi ke pulau sumatra para pendatang ini rupanya tidak suka menetap di kawasan patai sumatera dan mereka langsung masuk ke wilayah  pedalaman sumatera hingga ke danau toba . kawasan pegunungan di sekitar danau toba menjadi benteng alami dari suku batak dari intervensi dunia luar . dan selama berabad abad wilayah yang di diami suku batak ini menjadi terisolir karena jarang di datangi orang sumatera itu kawasan pantai di diami oleh suku melayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar